RSS
Ketika Anda mempunyai Ide Bisnis ? Wujudkan !

Ketika Anda mempunyai Ide Bisnis ? Wujudkan !

Wednesday, May 2, 2012

0 Comments | Views (1,847)

Setiap tahun puluhan ribu orang menyerang keluar pada mereka sendiri dengan visi memulai sebuah bisnis yang sukses. Mereka memiliki ide, mereka punya rencana … semua yang mereka butuhkan sekarang adalah untuk mengambil tindakan untuk mengubah mimpi mereka menjadi kenyataan. Hal ini pada titik ini bahwa banyak pengusaha pemula datang unstuck. Tidak peduli seberapa keras mereka [...]

Pengingkaran sebuah Perusahaan

Mon, Jun 25, 2012

Business




Proses pengingkaran banyak terjadi pada sebuah Perusahaan ketika melewati masa awalnya yang bersahaja dan mulai membangun mitos kehebatannya. Pola ini sangat kontras (dan menggelikan) bila kita menyadari betapa banyak perusahaan yang berhasil karena faktor kebetulan, dan betapa banyak perusahaan yang menjadi ikon karena beruntung berada di tempat yang tepat di saat yang tepat.

Seperti pemusik atau aktor muda yang sedang bersusah payah meneliti karier, mereka beruntung telah “ditemukan” — bukan oleh pemandu bakat, tapi oleh seorang pelanggan penting. Kenyataannya, hampir seluruh perusahaan dibesarkan oleh satu konsumen, dan dalam separuh kasus, si konsumenlah yang menentukan mereka.

Tidak ada yang salah dengan kesuksesan karena faktor kebetulan. Kesuksesan adaah hal yang baik, bagaimanapun proses terjadinya. Masalah terjadi ketika perusahaan melupakan asal usulnya yang susah, melupakan semua kebetulan tersebut, dan mulai memborong seluruh pujian atas keberhasilannya.

Dengan perginya para pendiri, mitos menyebar untuk mempercantik fakta sejarah perusahaan. Awalnya, cerita tersebut bermanfaat untuk menciptakan hubungan — meskipun dibumbui romantisme — antara para pegawai dengan masa lalu dan nilai utama perusahaan. Namun, dengan berlalunya waktu, mitos tersebut berubah menjadi kekolotan, ritual, dan memfosil.

Bahkan ritual pun sebenarnya bermanfaat asalkan kondisi lingkungan tidak berubah. Namun, ketika gelombang perubahan menggerus fondasi perusahaan, kekolotan yang kaku cenderung menikapinya dengan pengingkaran.

Jenis perubahan yang memicu pengingkaran dapat berbentuk banyak hal, tapi yang paling sering adalah kehadiran teknologi baru. Perhatikan industri transportasi, komunikasi, atau informasi. Cara lama untuk melakukan sesuatu tiba-tiba hilang selamanya, dan bila tidak ikut berubah. Kita akan tergilas perubahan. Itulah creative destuction sebagai inti kapitalisme.

Kita sekarang menertawakan mereka, tapi sebenarnya tidak mudah melihat masa depan, terlebih bila situasi Kita sedang bagus. Terlebih lagi, karena bukan hanya satu orang atau perushaan yang melakukan pengingkaran itu dan menerima akibatnya. Perubahan teknologi menciptakan industri-industri baru — dan menenggelamkan industri lama.

Cara mengatasi kebiasaan pengingkaran:
- Temukan: Analisis tanggapan Anda terhadap kegagalan perusahaan lain. Evaluasi produk, proses, dan pegawai Anda menyangkut prasangka, prefensi tanpa alasan, atau resistensi terhadap perubahan. Dengarkan dengan cermat para manager Anda.
- Akui: Bila Anda menemukan gejala pengingkaran, akuilah.
- Ukur: Ukur seberapa dalam pengikaran Anda.
- Ubah: Semakin dalam pengingkaran, semakin sulit perubahan — tapi tidak mustahil.

Tags: , , | Views (2,323)







Related Posts

 

Popular Posts